Warung Internet
News Update :

Klik HERE Gambar

Tips and trik Jago Main Futsal.

16 August 2012

Seperti yang kita ketahui Kawan, Futsal sepakbola ‘mini’ ini sekarang sedang mewabah dimana-mana. Nggak cuma mahasiswa karyawan anak sekolah bahkan dari kalangan selebritis pun menggemari olahraga yang satu ini. Lapangan futsal pun kini kian menjamur dan tak jarang pula kompetisi futsal digelar. Futsal juga bisa menjadi olahraga alternatif bagi warga perkotaan yang kesulitan mendapatkan lapangan sepakbola yang luas. Tidak hanya mengasyikkan olahraga ini juga bisa menyehatkan tubuh.
Nah, Kalo kalian ingin jago main futsal dengan teknik yang benar berikut tips-tips yang diberikan oleh para jagoan futsal :
1.Lakukan Pemanasan
Pemanasan sangat penting karena tanpa pemanasan anda akan merasa kaku dan cepat lelah saat bermain, dikarenakan otot-otot anda seperti dikagetkan dari dalam tidurnya, maka lakukanlah pemanasan tapi ingat jangan terlalu berlebihan, anda cukup melakukannya 5-7 menit, kalau berlebihan anda bakal merasa terlalu lelah saat bermain. Banyak latihan olahraga yang mendukung permainan futsal. Pemanasan seperti dalam latihan badminton akan menambah kecepatan kaki.
2.Jangan Minum Terlalu Banyak
Tips ini agar teman-teman tidak merasa kembung. Ingat, walaupun merasa sangat haus, minumlah secukupnya, jangan mengikuti hasrat, dan minumlah air yang tidak dingin dan tidak panas. Kekembungan mempengaruhi cara bermain kita.
3.Bermain Cepat dan Berputar
Dalam futsal, permainan lebih baik dilakukan dengan cepat dan tidak berlama-lama membawa bola, dan disarankan agar setelah mengoper bola secepatnya mencari posisi yang baik untuk kembali dioper. Posisi tetap tidak dianjurkan dalam bermain futsal, karena tidak cocok dengan lapangan yang kecil.
4.Tendang Dengan Ujung Kaki
Dengan beratnya bola futsal, anda dianjurkan untuk menendang bola dengan ujung kaki/jari-jari kaki, maka tendangan anda akan sangat keras. Tendangan memisang tidak terlalu dianjurkan karena masalah lapangan yang kecil lagi.
Tendangan tentunya berbeda dengan tendangan beladiri seperti taekwondo, silat, dsb.
5.Hindari Kontak Badan
Peraturan futsal sama ketatnya dengan basket. Kontak badan akan diberi pelanggaran, dan anda juga tidak boleh menyapu kaki lawan anda, tidak seperti dalam bermain bola lapangan besar. Wasit PSSI untuk futsal tentunya paham dan harus jeli masalah ini.
Nah, sebagai tambahan akan saya berikan wacana tambahan tentang cara kerjasama dalam bermain futsal.

Cara kerjasama dalam bermain Futsal

Jangan sok dengan berlama-lama mempermainkan bola. Disini Kamu tak perlu beratraksi individu sebab futsal adalah permainan yang sangat menekan kerjasama tim. Kolektivitas permainan lebih dibutuhkan dibanding aksi individual. Dengan keterbatasan ruang, tekanan konstan lawan, dan waktu permainan 2 X 20 menit,Kamu harus lebih mengarahkan keterampilan mengolah bola untuk membangun kerjasama tim. Di futsal Kamu hanya mempunyai waktu sepersekian detik sebelum bertindak -mengumpan atau menendang. Rata-rata Kamu akan bersentuhan dengan bola setiap 29,5 detik. Artinya, setiap pertandingan Kamu akan menguasai bola sebanyak 80 kali. Bandingkan jika Kamu bermain bola di lapangan standar yang berlangsung selama 90 menit. Maksimal Kamu hanya akan menguasai bola 30-40 kali saja.
KECEPATAN DAN KELINCAHAN
Apa yang dibutuhkan dari futsal? Kecepatan dan kelincahan jelas menjadi salah satu jawaban yang layak dikedepankan. Bermain futsal mengajari kita untuk: Cepat bergerak dan berlari, beraksi, bereaksi, membuat keputusan, antisipasi, mengubah arah pergerakan, melakukan serangan balik, sekaligus bertahan dan menyerang.
BUTUH STAMINA PRIMA
Lapangan yang digunakan untuk bermain futsal memang lebih kecil dari lapangan sepakbola. Tapi percayalah, waktu 2 X 20 menit yang disediakan dalam permainan bakal banyak menguras tenaga dan membuat napas Kita tersengal-sengal karena kelelahan. Itu karena Kita dipaksa bergerak terus menerus!
INGAT! PANTULAN BOLA
Di permainan sepakbola lapangan standar, bola yang digunakan berukuran 5. Di futsal, Kamu akan menggunakan bola yang berukuran lebih kecil, nomor 4. Bola ini memiliki ukuran keliling 62-64 cm dan mempunyai berat 390-430 gram.
Namun, dibandingkan bola berukuran sama yang digunakan untuk bermain sepakbola lapangan standar, bola futsal dikurangi daya pantulnya. Toleransi daya pantul bola futsal adalah 55-65 cm pada pantulan pertama. Singkatnya, lebih berat untuk ditendang!
Demikianlah bebrapa tips tentang bermain futsal yang baik dan benar. Kalau kalian ada tambahan tips lain silahkantulis dikomentar saja! :D Semoga Bermanfaat!
Share this Article on :

3 komentar:

Vicio rizky said...

beneran capek futsal,apalagi gk bisa lari sangat cepat. eh bukannya futsal ada outnya ya??

Mang Uem said...

thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu...

Hêñdråwâñ ßìñg said...

yow thanks

Post a Comment

 

© Copyright 2009DUNIA INFORMASI 2012 | Inform by DUNIA INFORMASI and DUNIA INFORMASI | Powered by duniainfo100.blogspot.com.
Related Posts with Thumbnails