Warung Internet
News Update :

Klik HERE Gambar

11 Tips Bila Terjerat Kasus Hukum

12 May 2012



Semua orang siapapun orangnya, siapapun jabatannya, dan seberapapun kayanya, pasti pada saat terjerat kasus hukum akan panik, gundah, takut, dan perasaan cemas terus menghantui.
 
Perasaan-perasaan itu sebenarnya tidak perlu terjadi pada Agan-agan Kaskuser semuanya.

Apa tipsnya agar tidak terjadi yang demikian, mari kita kaji bersama :

1. Tenang
Kadang apabila seseorang apabila mendengar saja kata-kata hukum, mereka akan merasa takut, paranoid, dan bahkan ada keinginan untuk menjauh. Padahal tidak demikian dengan hukum, hukum dibuat agar tercipta ketertiban. Untuk itu bagi Kaskuser yang sedang atau akan terjerat kasus hukum, pertama-tama yang harus dilakukan adalah Tenanglah.

2. Kenali Kasusnya

Semua orang tentunya tidak ingin terjerat kasus hukum, namun kebanyakan orang tidak mengerti dan paham, bahwa dengan kita taat hukum kita tidak akan terkena imbas dari hukuman atau sanksi hukum. Untuk itu yang harus dilakukan dan diteliti terlebih dahulu bagi seseorang yang sedang atau ingin terjerat kasus hukum adalah Kenali kasusnya apa, pidanakah, perdatakah atau administrasi negarakah ?

3. Mintalah Keterangan

Apabila perlu dan kurang paham bagi mereka yang akan atau sedang terkena atau terjerat kasus hukum, mintalah keterangan dari pihak aparat yang bersangkutan untuk menjelaskan masalah hukum apa yang sedang menjerat anda, persoalannya apa, dan apa hubungannya dengan anda ?

4. Ketauilah Dasar Hukumnya
Setelah beberapa penjelasan diatas telah anda ketahui, maka yang harus anda tahu juga adalah dasar hukum apa sehingga anda dapat dijerat kasus hukum tertentu, hal ini penting agar anda tahu dan dapat menjawab segala dugaan atau pertanyaan beserta jawaban yang akan anda jawab dalam proses pemeriksaan

5. Dampingilah Orang Terdekat

Saat anda terjerat kasus hukum, jangan sekali-kali anda pendam sendiri, karna itu akan menambah beban fikiran dan tenaga anda untuk berfikir sendirian tentang jalan keluar terbaik kasus yang diderita atau menjerat anda. Mintalah orang-orang terdekat anda, yang paling anda percayai dan akan memberikan bantuan terbaik terhadap anda.

6. Mintalah Petunjuk Pakar Hukum

Apabila diperlukan, maka mintalah petunjuk hukum/opini hukum/penjelasan hukum kepada advokat atau pengacara terhadap kasus yang sedang menjerat anda. Jangan sungkan-sungkan untuk mengeksplor duduk posisi perkara yang sedang anda derita, tidak lain dan tidak bukan agar sang pengacara atau konsultan hukum dapat melakukan pembelaan secara optimal kepada anda. Namun harus diketahui sebelumnya, pilihlah konsultan hukum yang terpercaya baik secara integritas maupun kemampuan dibidang hukum yang sedang anda derita.

7. Hindari Berbicara yang tidak Penting

Hal ini sangat penting, karna dalam hukum hal-hal yang tidak penting apabila diungkapkan akan menjadi bomerang bagi anda sendiri. Semua harus dikatakan dengan transparan apa adanya. Apapun yang sedang menjerat anda, kemukakan dengan yang sebenarnya.

8. Kumpulkan Alat Bukti

Bagi anda yang akan diperiksa dalam kasus atau perkara hukum tertentu, persiapkanlah alat-alat bukti yang dapat membantu anda dalam proses pemeriksaan. Persiapkanlah kata-kata yang akan anda sampaikan, karna setiap perkataan akan berdampak hukum.

9. Jangan Takut Dengan Aparat


Biasanya orang yang akan diperiksa oleh aparat, mereka sebagian besar merasa takut ketika menghadapi aparat penegak hukum, penegak hukumpun kadang melakukan upaya-upaya agar sang terjerat kasus hukum merasa takut dan pada akhirnya tujuannya adalah mengakui apa yang telah dilakukan sebenarnya. Sebenarnya upaya-upaya aparat ini baik, akan tetapi kadang justru membuat takut orang yang sebenarnya tidak melakukan kejahatan atau pelanggaran hukum. Untuk itu apabila memang sebelumnya merasa demikian, jangan sungkan-sungkan untuk didampingi advokat atau penasihat hukum.

10. Jangan Menghindar

Terjerat kasus hukum, janganlah menghindar, tapi hadapi jeratan hukum itu dengan enjoy tapi penuh strategi dan upaya-upaya hukum yang baik pula. Jangan sekali-kali mencoba untuk menghindar dari jeratan hukum. Karna ketika anda menghindar, maka kasus hukum yang ada derita, tidak akan kunjung selesai. Hadapilah dengan senyuman semua jeratan hukum.

11. Hindari Penyuapan

Apabila anda terjerat kasus hukum, maka hal yang ada dibenak anda adalah tidak ingin repot dan ingin segera lepas dari jeratan hukum tersebut dengan segala macam upaya dilakukan, termasuk penyuapan. Meskipun memang dalam negara yang sedang berkembang suasana seperti ini masih banyak ditemui. Namun berpeganglah anda tidak demikian, karna dengan anda melakukan yang demikian, maka sebenarnya anda akan mendukung tidak selesainya kasus hukum yang anda derita secara tuntas, pasti akan ada pengungkitan dilain waktu dan kesempatan.

Demikian Tips bagi anda yang akan atau sedang terjerat kasus hukum, semoga bermanfaat bagi kita semua. Semoga kita temen-temen kaskuser selalu taat hukum, sehingga temen-temen kaskuser terhindar dari jeratan hukum.

 http://www.kaskus.us
Share this Article on :

0 komentar:

Post a Comment

 

© Copyright 2009DUNIA INFORMASI 2012 | Inform by DUNIA INFORMASI and DUNIA INFORMASI | Powered by duniainfo100.blogspot.com.
Related Posts with Thumbnails