Warung Internet
News Update :

Klik HERE Gambar

Mencari Rute perjalanan pada seluruh wilayah planet bumi secara offline

13 November 2010

        Ada cara agar kita bisa memanfaatkan kemampuan seperti Google Maps dalam mencari rute, tanpa harus terkoneksi dengan Internet? Ada. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Garmin Mapsource, dan peta navigasi GPS. Di sini, Anda hanya membutuhkan sebuah komputer, itu saja. Tidak perlu ponsel, koneksi Internet, ataupun peralatan GPS.

Download-lah Garmin Mapsource dari Garmin.com dengan ukuran file 57,6 MB. Lalu, download peta GPS untuk wilayah Indonesia dari Navigasi.net dengan ukuran file 116 MB. Pilih yang Free Indonesia Map v1.68 NT for Garmin.

1.Setelah di-download, ekstrak file MapSource_6157.exe dengan menggunakan Win Rar ke folder sesuka Anda. Harap diperhatikan, bahwa WinZIP tidak bisa melakukan hal ini.

2.Setelah diekstrak, didalam folder tersebut. Jalankan file yang bernama MSMAIN.msi.

3.Lalu, jalankan kembali file MapSource_6157.exe untuk menginstal Garmin Mapsource. Setelah proses install selesai, jangan dijalankan dulu.

4.Sekarang, install file GPS yang tadi kita download dari navigasi.net.

5.Jalankan Garmin Mapsource dari start menu.

Setelah Garmin Mapsource berhasil dijalankan dan keluar gambar petanya, sekarang kita akan mencoba mencari rute dengan bantuan Garmin Mapsource. Sebagai contoh, kita akan mencoba membuat rute dari Jalan Kramat 4 ke Plaza Semanggi, beserta perkiraan waktu tiba.

1.Di Garmin Mapsource, klik menu Edit, Preferences.


2.Pilih tab Routing. DI bagian Try to Avoid, beri centang kategori jalan yang ingin dihindari. Misalnya Anda naik motor, tentu Anda harus menghindari jalan tol, bukan? Lalu di bagian Road Selection, geser slider-nya ke jenis jalan yang ingin ditempuh. Misalnya Anda lebih suka lewat jalan "tikus", maka geser kea rah Minor Roads.

3.Untuk menentukan waktu tempuh, klik Driving Speeds. Di sini, aturlah perkiraan kecepatan rata-rata Anda sewaktu melintasi jalan. Misalnya di jalan raya atau jalan besar kecepatannya 60 km/h. Sedangkan di jalanan dalam kompleks, kecepatannya 30 km/h.

4.Kembali ke jendela utama Garmin Mapsource, klik Find, Find Places. Pilih tab Address, dan di bagian Street, klik Select. Tulis nama jalan yang menjadi titik awal, dalam contoh ini adalah jalan Kramat 4.

5.Kembali ke jendela sebelumnya, klik Find. Lalu, klik dua kali pada nama yang muncul di bawahnya.

6.Lokasi akan ditampilkan, dan sekarang klik Waypoint Tool. Tandai posisi yang menjadi titik awal. Di dalam jendela Waypoint Properties yang muncul, beri atribut yang sesuai.

7.Ulangi langkah 4-6 untuk titik akhir atau tujuan, yang dalam hal ini adlaah Plaza Semanggi.

8.Kembali ke jendela utama Garmin Mapsource, di jendela sebelah kiri, piilih tab Waypoints, dan seleksi kedua waypoint yang ada, klik kanan, dan pilih Create Routes Using Selected Waypoints.

9.Di jendela yang muncul, pastikan urutan tempatnya sudah benar, lalu klik Recalculate.

10.Pindah ke tab Directions, di situ Anda bisa melihat jalur yang harus ditempuh. Atau kalu ingin melihat di peta, klik Show on Map.

11.Di Jendela sebelah kiri, pilih tab Routes. Di situ, Anda bisa melihat jarak yang harus ditempuh beserta waktu tempunya.
Share this Article on :

0 komentar:

Post a Comment

 

© Copyright 2009DUNIA INFORMASI 2012 | Inform by DUNIA INFORMASI and DUNIA INFORMASI | Powered by duniainfo100.blogspot.com.
Related Posts with Thumbnails