Warung Internet
News Update :

Klik HERE Gambar

Cara Memilih Ayam Potong yang Sehat

23 July 2012


Cara Memilih Ayam Potong yang Sehat
Daging ayam potong yang berlapis lemak dan banyak mengandung air disukai orang. Selain lebih cepat empuk harganya juga relatif murah.
Saat ini harga ayam potong dan ayam jenis lain di pasaran  merangkak naik. Berikut adalah Cara Memilih Ayam potong yang sehat :
  1. Membeli ayam di toko khusus daging ayam atau di pasar swalayan dengan brand tertentu. Selain memberi jaminan kebersihan dan kulaitas harganya juga tetap. Ayam yang sehat dan bersih, kulitnya putih terang, kesat, tidak berair dengan aroma ayam yang segar tidak ada aroma darah atau bau busuk.
  2. Pilihalah ayam negeri berukuran sedang (900 gram -1.2 kg). Jika terlalu besar selain lemaknya lebih banyak juga perlu waktu lama untuk mengolahnya menjadi makanan.
  3. Jika ingin lebih hemat waktu dalam memasak, belilah ayam sesuai dengan potongan yang diinginkan. Misalnya paha atas, paha bawah, sayap, atau dada. Mengolah bagian ayam yang sama menghemat waktu karena matangnya bisa bersamaan.
  4. Meskipun dibeli di pasar swalayan, jangan lupa mencuci cuci ayam terlebih dahulu di bawah air yang mengalir hingga semua cairan dan bekas darahnya hilang. Bersihkan juga bulu-bulu halus yang biasanya tertinggal di bagian sayap dan kaki ayam. Tiriskan hingga kering. Kemudian olah atau simpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas.
  5. Jika berencana membekukan ayam, sebaiknya pisahkan berdasarkan jumlah dan jenis masakan yang akan dibuat. Bungkus masing-masing dalam kantong plastik, ikat kuat lalu simpan dalam freezer. Dengan cara ini ayam lebih mudah dilumerkan saat akan diolah sesuai jenis masakan.
  6. Sebaiknya simpan hati dan ampela dll,  dalam kantong terpisah. Pastikan  hati dan ampela  sudah dalam keadaan bersih. Jika ingin hemat waktu, rebus dahulu jeroan hingga empuk sebelum dibekukan. Kepala, leher dan cakar ayam juga tulang-tulangnya bisa dimanfaatkan untuk membuat kaldu.
Share this Article on :

0 komentar:

Post a Comment

 

© Copyright 2009DUNIA INFORMASI 2012 | Inform by DUNIA INFORMASI and DUNIA INFORMASI | Powered by duniainfo100.blogspot.com.
Related Posts with Thumbnails