Warung Internet
News Update :

Klik HERE Gambar

Bahaya Tidur Sambil Mendengarkan Musik

14 October 2010


Bahaya Tidur Sambil Mendengarkan Musik | Kalau pada postingan sebelumnya saya share tentang bahaya tidur dengan lampu menyala, ternyata adalagi sob kebiasaan berbahaya tanpa kita sadari yaitu tidur sambil mendengarkan musik. Ya ini saya banget neh kalo ga ada musik atau nonton tv matanya susah merem, kecuali kalo bener-bener cape banget tanpa dengerin musik atau nonton tv juga bisa langsung tepar. Nah bagaimana dengan kebiasaan sobat apakah sama seperti saya,..?! kalau sama ritual ini pelan-pelan dihilangin sob karena ternyata ada efek buruknya juga.. Ko bisa..??

Kebiasaan tidur sambil mendengarkan musik, atau menonton televisi sampai tertidur, atau membiarkan lampu di ruangan menyala terang, memang sulit dihilangkan dan menurut sebagian orang kondisi seperti itu membuat mereka menjadi lebih cepat tertidur. Tetapi pada kenyataannya setelah terbangun mereka merasa lebih tegang (stress). Bahkan ada yang merasa seperti tidak tidur semalaman.

Penjelasannya: Pada saat kita tidur sebetulnya otak tidak pernah tidur. Otak selalu menjalankan aktivitasnya walaupun tidak sesibuk seperti di saat bangun, yaitu menjalankan sistem metabolisme tubuh. Pada malam hari, seiring menurunnya aktivitas tubuh, ritme gelombang otak pun mengalami penurunan. Namun apabila kita tidur sambil mendengarkan musik, televisi dalam keadaan hidup atau lampu ruangan sedang menyala terang, maka gelombang suara atau cahaya yang dipancarkan oleh peralatan tersebut tetap diterima oleh indera pendengaran dan penglihatan kita. Gelombang suara diterima oleh alat pendengaran di dalam telinga dan gelombang cahaya tetap dapat menembus kelopak mata dan diterima oleh retina dan lensa mata. Gelombang-gelombang tersebut akan diteruskan ke otak kita. Otak yang harusnya beristirahat akan kembali terangsang untuk bekerja dan mengolah informasi yang masuk. Apabila hal ini berlangsung sepanjang malam, berarti kita hanya tidur menurut tubuh luar, tetapi tidak menurut otak. Otak akan terus bekerja mengolah informasi yang masuk tersebut. 

Jadi jangan biarkan otak kelelahan karena harus tetap bekerja pada malam hari, sedangkan di siang hari otak juga akan diperas oleh kegiatan rutin kita. Kalau dia mogok, gimana, hayo ?(kaskus)




http://azenngepas.blogspot.com/
Share this Article on :

0 komentar:

Post a Comment

 

© Copyright 2009DUNIA INFORMASI 2012 | Inform by DUNIA INFORMASI and DUNIA INFORMASI | Powered by duniainfo100.blogspot.com.
Related Posts with Thumbnails